Rabu, 26 November 2014

Mengapa dalam ajaran Islam banyak hal yang dilarang atau serba gak boleh?

Tanya: Mengapa dalam ajaran Islam banyak hal yang dilarang atau serba gak boleh?

Jawab:

Tidak sedikit yang salah sangka terhadap Islam, tak terkecuali adalah orang Islam sendiri.
Ada kaidah bahwa "Semua ibadah asalnya adalah haram, kecuali yang diperintahkan. Dan semua hal selain ibadah adalah dibolehkan, kecuali yang dilarang". Artinya, ibadah yang diperintahkan dengan aturan dan batasan-batasan adalah sedikit. Sedangkan masalah makanan, muamalah dan urusan dunia lainnya yang terlarang hanya sedikit. Jadi pernyataan yang menyatakan "Islam serba gak boleh" adalah sangat tidak beralasan.

Semua hal yang dilarang tentunya kita harus behusnuzan bahwa itu adalah sesuatu yang baik bagi kebaikan kita apabila ditinggalkan. Sebaliknya kita harus memahami bahwa hal-hal yang diperintahkan adalah sangat baik apabila kita laksanakan. Hanya saja kita fokusnya bukan pada prasangka baik, melainkan prasangka buruk dan kemalasan, menggerutu dan kecewa, sehingga sesuatu yang baik bagi kita malah dicemooh dan dianggap menyesakkan dada dan tidak baik.

Ibarat mawar, maka tergantung bagaimana kita merasakan. Sebagian kita mengatakan, "Bunga mawar ini indah, tapi sayang berduri" atau yang lain berujar, "Meski bunga mawar ini berduri, tapi harum dan keindahannya menyenduh hati" Pertanyaannya adalah, apa fokus perhatian kita, "mengeluhkan durinya atau mengagumi keindahan dan harumnya?" tergantung kita bagaimana menilainya.

Kita fokus pada "Perintah Allah itu pasti membawa manfaat" atau "Semua perintah Allah itu membebani dan menyita waktu". Fokus kita adalah keridhoan Allah, berharap surganya Allah SWT.

Tidak ada komentar: