Selasa, 23 September 2014

Fakultas Pendidikan Calon Ortu

Coretan sekilas... Sampe sekarang saya belum mendengar ada fakultas semacam itu, padahal untuk urusan memasak, busana, desain rumah dan sebangsanya ada jurusan dan atau fakultasnya. Sementara semua kita adalah calon orang tua dengan berbekal pendidikan ala kadarnya, pakarnya pun tidak ada latar belakang pendidikan Jurusan Orang Tua. Profesor atau Doktor spesialis ahli aorang tua ternyata juga tidak terdengar, sementara ia adalah permasalahan sehari-hari... Atau mungkin sdh cukup dengan fakultas-fakultas pendidikan yang ada sebagai ganti persiapan para orang tua dan menjadi pakar orang tua...

Yang jelas orang tua yang malpraktik juga banyak, orang tua yang durhaka terhadap anak2nya juga seabrek.

Sebagian besar kita merasa telah menunaikan peran dan kwajiban sbg orang tua dengan baik, manakal sudah tidak ada protes dari anak2nya dan disanjung tetangga kanan kiri.

Apa mungkin akan dibiarkan sebagai seleksi alam...tentang bagaimana menjadi ortu yang baik dan sukses dengan standarnya masing-masing.

Bagi para orang tua muslim. Rujukan orang tua sukses adalah Alqur'an dan sunnah Nabi Muhammad SAW, yang paling tepat untuk menghantarkan sukses para anak di dunia dan akherat. Sehingga kalo emang belum dibuka Fakultas di institusi resmi, maka seyogyanya ada forum belajar bagi para ortu agar menjadi orang tua yang bertanggung jawab. Literaturnya tentu Alqur'an dan Hadits. 
Artinya saya memandang, saya berpendapat bahwa dengan segala kelemahan kita apabila di antara kita para ortu yang ogah belajar menjadi ortu yang baik dengan segala cara, maka berarti telah mempersiapkan diri menjadi ortu apa adanya...terselah bgm alam berbuat.

Masih ada waktu untuk berbenah. Ya Allah mudahkan kami menjadi orang tua yang baik dan benar, beri kami kesempatan utk menghantarkan anak2 kami sukses dunia akherat. (Jul)

Tidak ada komentar: