Kamis, 12 Februari 2015

Kalimat Ta’ziyah & Do’a

Ini adalah salah satu contoh ucapan turut berduka yang bisa kita jadikan pelajaran:

Kami sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya ananda Husein (siswa kelas 2 NF), putera akh Heru (BPKP Palangkaraya) dan Ibu Sulis (Lamongan), yang meninggal karena  kecelakaan tunggal di Depok Jawa Barat
Semoga Allah SWT menerima semua amal baiknya, mengampuni dosa & kesalahannya dan meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

Dan kepada ikhwah di Kaltara khususnya dan ikhwan-akhawat pada umumnya, wa khushusul khusus kepada keluarga, kami mengucapkan:

«إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى، وَكُلٌّ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمًّى، فَلْيَصْبِرْ، وَلْيَحْتَسِبْ» [متفق عليه]

«Sesungguhnya (hak) Allah-lah apa yang Dia ambil, (hak) Dia pula apa yang Dia berikan, dan semuanya, di sisi-Nya sesuai dengan ajal yang telah ditentukan, karenanya, hendaklah engkau bersabar dan merelakannya sembari berharap pahala dari-Nya» [muttafaqin ‘alaih].

أعْظَمَ اللهُ أجْرَكَ، وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ، وَغَفَرَ لِمَيِّتكَ

Semoga Allah SWT memberikan pahala yang besar kepada kalian, berbuat yang terbaik atas musibah kalian, dan semoga al-akh yang meninggal dunia diampuni oleh-Nya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنْ خَطَايَاهُ كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
آمِيْنُ.. يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Ya Allah,  Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka. Amiiin Yaa Robbal 'alamiin.

Wassalaam,
Musyafa Ahmad Rahim & Family

Tidak ada komentar: