Minggu, 11 Januari 2015

Di Kandang Kambing Mengembik...

Sebuah peribahasa "Di kandang kambing mengembik, dikandang harimau mengaum, di kandang kerbau melenguh" Menggambarkan betapa setiap manusia sangat dengan mudah menyesuaikan lingkungan dan teman dekatnya.

Sehingga perkara memilih teman adalah perkara yang penting. Jika ingin menjadi orang berkualitas kambing ya harusnya memilih teman2 sekualitas kambing yang suka mengembik. Jika ingin menjadi orang berkualitas harimau ya sudah seharusnya memilih kawan berkualitas harimau yang suka mengaum.

Ingin jadi anak soleh namun memilih teman2 yang jauh dari nilia kesolihan, jelas bukan pilihan tindakan yang tepat. Ingin jadi anak sukses dan pintar, namun memilih teman yang kerjaannya hanya bermain dan bermalas2an, jelas bukan pilihan yang tepat.

Kata Rasulullah berkawan dengan penjual minyak wangi adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan aroma harum. Kalo ingin melihat perilaku agama seseorang, tinggal melihat dengan siapa ia berkawan.

Selamat memilih kawan sesuai dengan keinginan! Fa-alhamaha fujuraha wa taqwaha. Qad aflaha man zakkaha. Waqad khaba man dassaha. Allah telah ilhamkan kecenderungan kita untuk bisa memilih jalan baik atau buruk. Beruntunglah mereka yang menyucikannya dan merugilah mereka yang mengotorinya. (Jul)

Tidak ada komentar: