Rabu, 11 Maret 2015

ANEKA MODUS PENIPUAN 1

1. Menjual Pulsa Murah:

Mungkin diantara kita pernah di sms (atau dengan cara lain) ditawari mjd agen (reseller) pulsa beraneka macam dengan harga murah. Lalu diminta menghubungi nomer tertentu. Setelah dihubungi, maka kita diminta utk mengirim dg dana sedikit, misal 5000 atau 50.000 untuk tes apakah program bisa berjalan atau tidak. Setelah dikirimkan, maka dibalaslah dg pulsa dan benar memang murah. Setelah diterima lalu ada telepon dari jauh "Bagaimana ibu apa sistemnya sudah bisa jalan. Artinya HP bisa digunakan untuk jualan pulsa?....bla-bla-bla".

Karena sudah percaya, maka seseorang pasti tanya "Terus bagaiama kalau mau pesan lagi". Itu pertanda perangkap sudah masuk. Dijawablah "Kalau mau jadi agen harus beli pulsa apa saja boleh minimal ...sekian rupiah (misal 500rb rupiah)...dst.

Maka dikirimlah uang 500rb rupiah...tapi yakinlah bahwa pasti tidak akan pernah dikirimi pulsa, Dan nomer telepon yang tadi sudah dihubungi, pasti tidak bisa dihubungi lagi. Hilanglah transfer uang 500rb dengan sia-sia.

2. Membeli Barang Kita

Contoh: kita penjual/biasa menjual barang elektronik (kulkas, AC, dll). 
Tiba-tiba telepon berdering :
"Pak, saya Rohman mau beli Kulkas lewat Bapak bisa?"
Dengan senang hati kita pasti menjawab "OO Bisa, Ini siapa ya?"
"Saya Rohman dapat referensi dari Pak Edi nomer Bapak"
"Pak Edi siapa?"
"Pak Edi...masak Bapak gak kenal"
"Edi penjual barang bekas itu?"
"Ya betul Pak Edi penjual rongsokan, saya mau bayar uang muka bisa transfer ya?"
"Ooo bisa..."
" Harganya berapa...yang merk...?"
"...juta Pak. Ada sih yang lebih murah, merk ini..."
" Saya ambil yang harga ...juta aja Pak. Tapi maaf, saya masih di Mataram ini, mau saya transfer tolong dicek ya. Besok lusa sisanya saya bayar sekalian ambil barangnya. Bapak tinggal dimana.... Saya ambilnya dimana?"
dan seterusnya...
Ada sms "Uang sudah saya transfer 1juta. tolong dicek sekarang @Pak Rohman"
Karena kita gak bisa ngecek atau dicek gak ada...cenderung kita konfirmasi "Bener Pak sudah ditransfer"
"Betul. Bapak sekarang dmn? "
"saya di ATM... saya cek gak ada masuk"
"Coba dipencet...ini dan seterusnya..."
Kita baru tersadar kalo akhirnyata ternyata kita yg mentransfer dana bukan menerima transferan.
Tahu-tahu saldonya kurang atau habis...


Tidak ada komentar: